Welcome

***SELAMAT DATANG DI PPDI KOTA SERANG***

TERKINI

BERTAPA DI GOA UMBUL

           Di dekat pesantren yang diasuh syekh Jaliman di Pematang terdapat sebuah goa yang bernama Goa Umbul. Menurut kepercayaan masyarakat dahulu ketika sedang berkelana Maulana hasanuddin, sultan Banten yang pertama, pernah bertafakur di goa tersebut.
            Menurut penuturan syekh Jamhari, dulu waktu sama-sama nyantri dengan Syekh Astari di Pesantren Bunar, ia melihat Syekh Astari memasuki Goa umbul, ia perhatikan sudah satu hari syekh Astari tidak keluar goa. Kemudian ia membawa makanan kedalam goa. Ia mendapati syekh astari sedang duduk dengan khusyu. Ia meninggalkan makanan itu di hadapan syekh Astari. Lalu keesokannya lagi syekh Jamhari kembali membawa makanan ke dalam goa. Namun ia mendapati makanan yang kemarin dibawanya masih utuh. Tahulah ia bahwa syekh astari sedang berpuasa wishal. Lalu ia membawa makanan yang dibawanya kemarin dan meletakan makanan  yang baru di hadapan Syekh astari. Mungkin saja makanan yang baru ini akan dimakan. Keesokannya lagi, Syekh jamhari mendatangi kembali Syekh Astari ke dalam goa umbul. Ia mendapatinya tetap duduk penuh khusyu. Kembali ia melihat makanan yang dibawanya kemarin masih utuh. Namun ia tetap meletakan makanan yang baru di hadapan Syekh Astari yang masih khusyu duduk tanpa sepatah kata.
            Syekh jamhari tidak bosan membawa makanan untuk syekh astari selama satu jum’at. Setelah tujuh hari didapatinya Syekh Astari tak memakan makanan secuilpun, barulah ia tahu bahwa mungkin Syekh Astari sudah berniat bertapa di goa umbul ini untuk waktu yang lama. Kemudian untuk hari-hari selanjutnya ia tak membawa makanan untuk Syekh Astari, ia hanya sesekali menengoknya untuk memastikan bahwa ia dalam keadaan baik-baik saja. Setelah beberapa lama waktu berjalan syekh Astari keluar dari Goa Umbul. Syekh jamhari yang selalu menghitung hari pertapaan Syekh astari mengatakan  bahwa Syekh astari berada dalam Goa Umbul itu selama empatpuluh hari empatpuluh malam. Sama seperti dulu Sultan Banten yang pertama Maulana hasanuddin bertapa di sana.

            Masih menurut penuturan syekh jamhari, bahwa pertapaan Syekh Astari di dalam goa Umbul bukan hanya sekali saja, tapi beberapa kali yang kesemuanya konsisten selama empatpuluh hari empatpuluh malam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar