Welcome

***SELAMAT DATANG DI PPDI KOTA SERANG***

TERKINI

SYEKH NAWAWI MANDAYA DIPERINTAHKAN BIKIN PESANTREN

            Setelah beberapa tahun Syekh Astari mesantren di Syekh Jaliman, tibalah saat Syekh Astari untuk meninggalkan pesantren Bunar. Yaitu saat Syekh Jaliman memerintahkan Syekh Nawawi untuk pulang ke Mandaya dan mendirikan pesantren. Selain memerintahkan Syekh nawawi pulang dan mendirikan pesantren, Syekh Jaliman juga memerintahkan delapan sahabat untuk mengikuti Syekh Nawawi dan mengaji kepadanya. Walaupun sebenarnya Syekh astari masih merasa betah tinggal di Bunar mengaji dengan Syekh jaliman, tetapi karena ini perintah guru, syekh Astari tak pernah bertanya mengapa ia langsung sam’an watoatan mentaati perintah gurunya. Dalam dunia pesantren diajarkan ketaatan murid kepada guru adalah ibarat mayit ditangan gosil (orang yang memandikan mayit).
Ketaatan murid kepada guru adalah ketaatan dzohir dan batin. Jiwa raga seorang santri dihadapan kiayinya adalah jiwa raga kepasrahan yang sempurna. Keberkahan dan futuh dalam dunia pesantren adalah kunci kemanfaatan. Dan kunci kemanfaatan itu bisa diraih hanyalah dengan kepasrahan yang sempurna kepada guru. Bahkan bila kiayi memerintahkan muridnya untuk masuk ke dalam kobaran api yang menyala-nyala maka seorang santri al-shodiq tidak akan bertanya mengapa ia harus masuk ke dalam api tetapi ia akan langsung memasuki api itu dan tak akan bertanya mengapa.
Demikianlah jiwa raga  syekh astari telah dipasrahkan seluruhnya tanpa tersisa kepada Syekh jaliman. Ketika Syekh Jaliman memerintahkan untuk mengikuti Syekh Nawawi ke mandaya, syekh Astari dan tujuh sahabat lainnya taat.

Akhirnya pengelanaan syekh astari dalam dunia ilmiyah sampai di Mandaya. Orang yang dulu adalah teman sekobong, kini menjadi guru. Walaupun ia berguru kepada teman mesantren, tetapi ketaatan dan hormat Syekh Astari kepada Syekh Nawawi tidak berkurang. Dulu ia memasrahkan jiwa raganya kepada syekh jaliman, kini ia memasrahkan jiwa raganya kepada Syekh Nawawi mandaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar